Tiket Masuk Taman Nasional Karimunjawa

0
594

Taman Nasional Karimunjawa siapa coba yang tidak kenal dengan destinasi surga dunia yang satu ini. Sebuah pulau yang terletak di sisi utara Jawa Tengah ini mampu memikat para wisatawan.

Alam yang begitu asri, dan landscape pulau yang begitu memukau mampu memberikan kesan tersendiri bagi pengunjungnya. Taman nasional Karimunjawa lebih familiar dengan sebutan hidden island.

Simak terus ulasan lengkap tentang Balai Taman Nasional Karimunjawa surga dunia orang Jawa.

Taman Nasional Karimunjawa

Seiring dengan perkembangan wisata yang diprakarsai oleh dinas pariwisata dan didorong oleh dinas kepariwisataan provinsi Jawa Tengah. Kini Pulau karimunjawa berkembang menjadi destinasi wisata. Dengan perkembangan wisata, kini melahirkan sejumlah perindustrian bidang wisata dengan layanan paket wisata karimunjawa.

Karimunjawa ditetapkan sebagai cagar alam laut pada tanggal 9 April 1988. Mengacu pada surat keputusan dari Kementerian Kehutanan pada No. 123/Kpts-II/1986. Tahun selanjutnya menentukan  letak koordinat geografi karimunjawa.

Kemudian status cagar alam laut berubah menjadi Taman Nasional Karimunjawa pada tahun 1999 melalui surat keputusan NO. 78/Kpts-II/1999. Selanjutnya penetapan zonasi dilakukan pada 6 Maret 2012.

Bca juga: Agenda Liburan di Karimunjawa

Letak, Luas, dan Zonasi Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa terletak di kepulauan Karimunjawa dengan mencakup 27 pulau turunan seluas 111.625 ha.

Jika mengacu pada surat keputusan Ditjen KSDAE No. SK.28/IV-SET/2012, zonasi karimunjawa terbagi kedalam beberapa zona sebagai berikut:

  1. Zona inti 444.629 hektare
  2. Zona rimba 1.451,767 hektare
  3. Perlindungan bahari 2.599,770 hektare
  4. Pemanfaatan darat 55,933 hektare
  5. Zona pemanfaatan bahari 2.733,735 hektare
  6. Budidaya bahari 1.370,729 hektare
  7. Zona religi, budidaya, dan sejarah 0,859 hektar
  8. Rehabilitasi 68,329 hektare
  9. Zona tradisional perikanan 102.899,249 hektare

Flora dan Fauna Karimunjawa

Tidak hanya berbicara tentang luas tanah Taman Nasional Karimunjawa, kamu juga harus mengetahui keberadaan flora dan fauna di kepulauan Karimunjawa.

Karimunjawa memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa, terutama hutan lebat yang menjadikan Karimunjawa kawasan asri. Terdapat pohon Dewandaru yang mampu menyerap air hujan dengan baik.

Tidak hanya Dewandaru, Pohon Kalimasada juga dapat kamu temui di Karimunjawa. Jenis pohon ini sering kita jumpai sebagai kerajinan tangan.

Pohon setigi juga dapat kamu temui di Karimunjawa, pohon ini sangat kuat dan akarnya sangat bermanfaat untuk menghalau abrasi laut.

Sedangkan kalau kita melihat dari spesies fauna, Karimunjawa terbagi dalam dua golongan yakni darat dan laut. Dari daratan, di kepulauan Karimunjawa terdapat rusa, trenggiling, landak, ular, bangau tong tong, elang laut, dan monyet.

Sedangkan di perairan terdapat terumbu karang, spons, karang lunak, akar bahar, kerang merah, penyu hijau, penyu sisik, dan ikan hias.

Baca juga: Tips Mudah Liburan ke Karimunjawa

Penduduk Karimunjawa

Pulau Karimunjawa berpenduduk kurang lebih 9000 jiwa di lima pulau yang berpenghuni. Terdapat tiga suku utama yang menghuni pulau Karimunjawa yaitu, Jawa, Bugis, dan Madura.

Suku jawa rata rata berprofesi sebagai pengelola hotel dan penggiat pariwisata dan sebagian besar menghuni di Karimunjawa pusat. Semantara itu Bugis berprofesi sebagai pelut sehingga berprofei sebagai nelayan yang handal. Suku Madura yang berprofesi sebagai nelayan, produksi ikan asin, dan berdagang.

Sementara itu, pendidikan di Karimunjawa menjangkau dari TK (taman kanak-kanak) hingga SMA/SMK. Sekolah kejuruan di dorong untuk meningkatkan skil budidaya hasil laut seperti rumput laut, perikanan dan lain sebagainya.

Baca

Pariwisata Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa merupakan kawasan pariwisata destinasi pulau. Apabila kita membahas Karimunjawa maka tidak akan lepas berbicara tentang destinasi wisata. Nah, apa saja destinasi wisata di Pulau Karimunjawa, berikut ulasanya.

  1. Bukit Love
  2. Pantai bobi
  3. Pantai ujung gelam
  4. Sunset beach
  5. Tracking mangrove
  6. Penangkaran hiu
  7. Pulau menjangan kecil (Snorkeling)
  8. Taka sendok (snorkeling)
  9. Taka alang-alang (snorkeling)
  10. Gosong  seloka (Snorkeling)
  11. Pulau Menjangan kecil
  12. Pulau Cemara besar
  13. Cemara kecil
  14. Pulau Gleyang
  15. Pulau cilik
  16. Dan masih banyak destinasi lainya.

Kamu dapat mengatur program itinerary perjalanan liburan kamu dengan memperhatikan jadwal penyebrangan kapal. Atau pengen aman lagi, serahkan liburan anda bersama biro travel karimunjawa.

taman-nasional-karimunjawa

Kuliner Karimunjawa

Tak ada habisnya, selain kamu berangkat dan liburan di Karimunjawa, kamu harus mencicipi sejumlah kuliner khas Karimunjawa. Nah kuliner apa saja yang wajib kamu coba, berikut kami ulas detail makanan khas karimunjawa.

  • Pindang serani (masakan berbahan baku ikan dan berkuah)
  • Bakso ekor kuning
  • Tongseng cumi
  • Siomay tongkol
  • Kerupuk Amplang
  • Wedang blung
  • Es kelapa rainbow
  • dan Wedang jahe

Rasanya tak lengkap jika berkunjung ke Karimunjawa gak mencicipi berbagai macam jajanan khas Karimunjawa. Kamu bisa menemukan makanan khas karimunjawa tersebut di pusat kuliner alun-alun Karimunjawa.

Tiket Masuk Taman Nasional

Seiring dengan banyak pertanyaan tentang besaran biaya tiket masuk Karimunjawa, kami akan mengulas dalam artikel yang bertajuk Taman Nasional Karimunjawa. Adapun tarif tiket masuk Karimunjawa sebesar 7500 untuk warga negara Indonesia dan 250.000 untuk warga mancanegara.

Adapun besaran dan peraturan tarif tiket masuk telah diatur oleh BTN Karimunjawa dan sebagai penerimaan negara bukan pajak. Sedangkan destinasi lain juga dikenakan tarif biaya tiket masuk seperti bukit love, pantai bobby, pantai tanjung gelam.

Tidak hanya itu, dikenakan juga tarif hopping island, sandar kapal, dan biaya tiket masuk ke penangkaran hiu.

Baca juga : Backpacker Karimunjawa dari Surabya

Biaya ke Karimunjawa

Jika anda mengunjungi Pulau Karimunjawa, anda harus mengetahui berapa biaya yang harus anda siapkan. Untuk mengetahui berapa biaya yang harus anda siapkan, kami akan membocorkan berapa nominal yang harus anda siapkan.

Yang pertama untuk mengkalkulasikan budget, persiapkan anggaran transportasi dari kota anda menuju ke Jepara. untuk nominal anda dapat browsing-browsing harga tiket transportasi dari kota anda. Selanjutnya mengenai rincian biaya ke karimunjawa sahabat traveller cek di menu paket wisata.

Baca juga: Detail Rincian Budget Liburan Karimunjawa